Definisi Atau Pengertian Komputer - Trik & Tips

Monday, November 24, 2014

Definisi Atau Pengertian Komputer

Komputer

agF | Blog Trik dan Tips - Kata “komputer” berasal dari kata to compute yang artinya menghitung. Jadi, komputer dapat diartikan sebagai alat hitung atau mesin hitung. Akan tetapi sangat lain maknanya dengan kalkulator, sebab dalam perkembangannya komputer dapat melakukan tugas bukan saja menghitung tetapi juga dapat melakukan tugas-tugas lainnya yang tidak dapat dikerjakan oleh kalkulator. Seperti clasifiying, sortting, selecting, typing, drawing, bahkan bernyanyi pun dapat dikerjakan oleh komputer.

Namun sejak ditemukannya mesin hitung dari John V Atanasoff pada tahun 1980 kata “komputer” mempunyai pengertian tersendiri. Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat bekerja secara otomatis, dengan menggunakan progarm untuk mengolah data. Jadi, dalam pengertian “komputer” terdapat unsur-unsur sebagai berikut :

  • Merupakan alat elektronik,
  • Bekerja secara otomatis,
  • Menggunakan progarm komputer, dan
  • Berguna untuk mengolah data.

Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah suatu alat bantu manusia yang dapat menggantikan sebagian besar pekerjaan manusia dalam perhitungan matematik, fisika, mekanika, akuntansi, surat menyurat, penyimpanan dokumen, dan sejenisnya. Jadi, bila ditinjau dari fungsinya, komputer adalah alat yang memegang peranan penting dalam sistem pengolahan data elektronik, maka komputer disebut alat pengolah data.

Menurut Yogianto HM, komputer didefinisikan bahwa komputer adalah alat elektronik untuk mengolah data dengan menggunakan program tertentu untuk menghasilkan informasi. Jadi, komputer adalah suatu mesin atau sekelompok mesin yang terdiri dari komponen, instuksi-instruksi dan merupakan suatu kesatuan atau suatu sistem yang melibatkan orang sebagai pembuat program atau analisa untuk mengolah data agar dapat dijadikan sebagai informasi yang berguna.

Artikel Terkait:


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda