Pengertian Dan Fungsi Prosesor (Processor) Komputer - Trik & Tips

Thursday, April 10, 2014

Pengertian Dan Fungsi Prosesor (Processor) Komputer

Proccessor / Chip komputer

Pengertian Prosesor (Processor)

Prosesor adalah komponen komputer yang merupakan sebagai otak yang menjalankan proses dan pengendali kerja komputer dengan bekerjasama perangkat komputer lainnya, satuan kecepatan dalam Prosesor adalah Mhz (Mega Heartz) atau Ghz (Giga Heartz) dengan semakin besar kecepatan suatu Prosesor maka akan semakin cepat kinerja komputer saat melakukan proses. Dengan kapasitas prosesor yang besar dan didukung oleh memori (RAM) yang besar juga akan membantu setiap pengerjaan instruksi dengan cepat. Arti lain dari prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprocessor”. Bagian yang terpenting dari prosesor adalah:
  1. Arithmatics Logical Unit (ALU) : Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan intruksi program.
  2. Control Unit (CU)Pengatur lalu lintas data seperti input, dan output.
  3. Memory Unit (MU) : Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi.

Fungsi Prosesor (Processor)

      Fungsi prosesor dalam sebuah komputer mempunyai fungsi yang sangat penting, karena komponen kecil ini menentukan kecepatan performa dari sebuah komputer. Pada umumnya fungsi sebuah prosesor adalah untuk memproses data yang diterima dari masukkan atau input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran atau output. Cara kerja prosesor akan terus terhubung dengan komponen komputer yang lainnya, terutama harddisk drive (HDD) dan Memori RAM. Fungsi prosesor juga di ibaratkan sebagai sebuah otak dari komputer karena setiap data yang akan diproses akan selalu melewati prosesor untuk kemudian diolah dan menghasilkan data-data yang di inginkan dari user/pengguna. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, “greater processor, greater gaming experience”, karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas dan kecepatan prosesor dari sebuah komputer.

Bagikan artikel ini

12 comments

  1. Infonya bermanfaat banget mas.. keren

    mampir jg yah di bejajo.com :)

    ReplyDelete
  2. mantaps gan, oya bagi yang butuh tambahan referensi tentang cpu, seperti mengenal design khusus (class-class cpu) silakan mampir kemari gan,

    Pranala--> http://www.gatewan.com/2014/07/mengenal-cpu-central-processing-unit.html MENGENAL CPU (Central Processing Unit)

    ReplyDelete
  3. bagus bangat dong..................

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual VGA CARD

    Radeon 7730 - 2GB / 128-bit / DDR5 Sapphire
    Price Rp 797.000

    Deskripsi :

    The SAPPHIRE HD 7700 series is an extensive family of graphics cards targeting the enthusiast on a budget and mainstream users looking for increased graphics performance. It is based on the latest generation of GPU's from AMD built in its 28nm process and featuring the highly acclaimed GCN graphics processing architecture. The new HD 7730 1GB and 2GB GPUs have an optimised internal structure sharing many of the features of the higher performance models in the HD 7000 series but with fewer Stream Processors.

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    http://els.co.id/

    Terimakasih :)

    ReplyDelete
  6. Keren artikelnya bisa jadi referensi tulisan saya ini, terima kasih!!!
    visit Back yo...:
    PENJELASAN LENGKAP TENTANG PROCESSOR TERBAIK

    ReplyDelete
  7. makasih ya gan artikelnya,sangat bermanfaat sekali
    www.rajalistrik.com

    ReplyDelete
  8. Makasih infonya izin copas ya . semoaga blog ini makin rame di kunjungi orang lain

    ReplyDelete
  9. Mantap bang, untuk mendapatkan berita terbaru serta tips dan trik teknologi silahkan mampir ke

    www.tehoday.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  10. siip mantap ,
    kunjungi :http//blog.binadarma.ac.id/ilmanzuhriyadi/

    ReplyDelete