Apa Itu Ebook ? - Trik & Tips

Thursday, November 20, 2014

Apa Itu Ebook ?

Ebook (Electronic Book)

agF | Blog Trik dan Tips - Di postingan sebelumnya admin sudah share cara membuat ebook dengan microsoft office word 2007. Tapi apakah sobat tau apa itu ebook ? Ini dia definisi atau pengertian ebook akan dijelaskan dibawah..!
Ebook (e-book) merupakan kependekan dari Electronic Book atau Buku Elektronik adalah buku yang diterbitkan atau dibuat dalam format elektronik yang memungkinkan orang akan cepat mengaksesnya dengan mendownload melalui internet karena tidak seperti buku yang harus kita beli terlebih dahulu di toko buku, dan tempat lainnya yang menjual buku. Ebook dapat dibuka melalui komputer dan device yang kompatibel (cocok). Ebook juga diterbitkan dalam format yang berbeda-beda, misalnya JPEG, PDF, TEXT, DOCX / DOC, LIT, HTML, dll.

Format-format Ebook

  • JPEG : Format JPEG memliki ukuran yang besar dibandingkan informasi teks yang dikandungnya, oleh karena itu format ini umumnya populer bukan untuk buku elektronik yang memilki banyak teks akan tetapi untuk jenis buku komik atau manga yang proporsinya lebih didominasi oleh gambar.
  • PDF : Format pdf memberikan kelebihan dalam hal format yang siap untuk dicetak. Bentuknya mirip dengan bentuk buku sebenarnya. Selain itu terdapat pula fitur pencarian, daftar isi, memuat gambar, pranala luar dan juga multimedia.
  • TEXT (TXT) : Format paling sederhana yang dapat dilihat hampir dalam setiap piranti lunak menggunakan komputer personal. Untuk beberapa devais mobil format dapat dibaca menggunakan piranti lunak yang harus lebih dahulu diinstal.
  • DOCX / DOC : Format Docx merupakan format dari Microsoft Word yang sangat banyak ditemui sekarang dan tersebar di Internet, format ini sangat banyak digunakan karena banyaknya pengguna MS Word dan file keluaran yang cukup kecil, selain itu huruf yang lebih variatif membuatnya sangat digemari.
  • LIT : Format dari Microsoft Reader yang memungkinkan teks dalam buku elektronik disesuaikan dengan lebar layar device mobil yang digunakan untuk mebacanya. Format ini memiliki kelebihan bentuk huruf yang nyaman untuk dibaca.
  • HTML : Format HTML ini gambar dan teks dapat diakomodasi. Layout tulisan dan gambar dapat diatur, akan tetapi hasil dalam layar kadang tidak sesuai apabila dicetak.

Situs Download Ebook Favourit Admin

Selain loadingnya cepat, situs diatas juga memiliki ebook yang lumayan banyak kalau menurun admin..

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda