Pengertian Dan Penjelasan Tentang SEO (Search Engine Optimization) - Trik & Tips

Friday, October 31, 2014

Pengertian Dan Penjelasan Tentang SEO (Search Engine Optimization)


SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah rangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung sebuah situs atau blog berdasarkan kata kunci tertentu yang dipilih oleh pengelola blog atau pihak yang melakukan optimasi SEO.

Dengan SEO, seorang pemilik blog berusaha menempatkan blog-nya pada posisi teratas (setidaknya berada dihalaman pertama) dari hasil pencarian yang dilakukan dengan mesin pencari seperti google, yahoo atau MSN berdsarkan subyek atau kata tertentu yang dipilihnya.

Dengan berada pada posisi utama dari hasil pencarian search engine, maka secara otomatis blog yang dikelolanya akan menerima lebih banyak traffic atau pengunjung karena secara psikologis, orang yang melakukan pencarian akan meng-klik link yang berada pada urutan teratas terlebih dahulu yang didapatkan saat mencari sebuah kalimat atau artikel pada mesin pencari.

Berada pada posisi teratas pada hasil pencarian search engine adalah idaman setiap pemilik blog atau website, karena itu banyak bermunculan perusahaan yang menyediakan jasa optimasi SEO. Namun belakangan diketahui bahwa sebagian besar optimasi SEO yang dilakukan oleh para perusahaan penyedia jasa optimasi SEO menggunakan cara-cara curang atau biasa dikenal dengan sebutan Black hat seo.

Dengan teknik black hat seo, sebuah blog memang dapat segera berada pada urutan teratas mesin pencari namun hal itu hanya berlangsung sesaat. Dalam jangka panjang, apa yang mereka lakukan malah menyakiti blog yang di optimasi dan membuat blog tersebut hilang sama sekali dari mesin pencari. Karena itu, bagi pemilik blog atau sobat yang ingin membuat blog, mempelajari dan memahami SEO dan seluruh teknik optimasi search engine adalah hal yang mutlak.

Memang sebaiknya langkah-langkah SEO (Search Engine Optimization) dipersiapkan sebelum sebuah blog atau website dibangun. Mulai dari pemilihan nama domain hingga keyword yang ditargetkan sebaiknya dirancang dari awal untuk memudahkan pengembangan konten atau isi blog. Namun banyak web developer yang baru mengetahui teknik SEO setelah website atau blog mereka selesai dibangun dan sempat beroperasi sekian lama. Pada kasus ini, SEO tetap bisa diterapkan dengan melakukan perubahan atau optimalisasi. Kendalanya adalah seberapa besar perubahan itu yang bisa dilakukan ?

Contoh yang bisa diambil adalah pemiliha nama domain. Salah satu teknik SEO yang sampa saat ini masih berlaku adalah pemakaian nama domain yang terkait dengan dengan keyword, akan berdampak positif terhadap keyword yang sobat targetkan di search engine. Contohnya jika konten website sobat berisi segala sesuatunya ayam, maka pemakaian kata ayam pada domain akan sangat membantu.

Selanjutnya adalah pemilihan kata kunci atau keyword. Dalam hal ini sobat tidak disarankan untuk bermain tebak-menebak kata, sobat harus menggunakan cara profesional untuk memilih kata kunci tersebut. Sama seperti artikel sebelumnya, yaitu Tips Memilih Keyword Blog Yang Tepat Dan Akurat sobat bisa memanfaatkan situs wordtracker.com untuk meneliti kata kunci yang populer atau sering dicari orang. Keyword-keyword tersebut nantinya akan diurutkan berdasarkan score yang disebut Keyword Effectiveness Index (KEI). Keyword dengan nilai KEI 100, sudah cukup baik untuk dipakai. Semakin besar nilai KEI dari sebuah keyword, semakin populer juga keyword tersebut.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.. Terimakasih

Bagikan artikel ini

3 comments

  1. wah banyak juga penjelasannya.
    tapi intinya seo adalah jalan yang mesti di tempuh untuk dapat traffic gede :)

    nice post.

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih infonya gan,

    Berikut Pengertian SEO blog yang mudah dan cepat: https://goo.gl/HOvgWg

    minta bantu sundul-sundul up-up ya gan :)

    ReplyDelete
  3. Terimakasih atas artikel nya yang sangat membatu dan membuat saya menjadi paham apa itu SEO..
    Cek juga ya internet service provider indonesia nya yaa..

    ReplyDelete