Tips Dalam Membeli Laptop Bekas (Second) - Trik & Tips

Thursday, April 10, 2014

Tips Dalam Membeli Laptop Bekas (Second)

Laptop Bekas / Second

agF | Blog Trik dan Tips - Untuk mendapatkan laptop bekas yang ideal, kita perlu memperhatikan hal-hal berikut :

1. Usahakan Membeli di Toko 

Jika sobat membeli langsung dari pemilik laptop, usahakan orang tersebut sobat kenali. Jika ada masalah di kemudian hari, sobat bisa konfirmasi ke pemiliknya. Biasanya ada masalah pada sistem ketika ada yang menggunakan password. Sobat harus memastikan semua informasi yang diberi password sudah sobat miliki.

2. Tetapkan dana sesuai kemampuan sobat

Harga laptop bekas bervariasi dari Rp3 Juta sampai dengan Rp5 Juta, tergantung dari kondisi fisik.

3. Periksa kondisi baterai

Ketika membeli, usahakan untuk meminta laptop dinyalakan terlebih dahulu. Tunggu berapa lama baterainya bisa bertahan lebih dari satu jam, baterai masih dalam kondisi bagus. Sebaiknya, kalau kurang dari satu jam, sobat bisa menawarnya lagi menjad lebih rendah.

4. Periksa kelengkapan laptop

Seperti: Charger, CD Driver, dan buku manual, usahakan semuanya masih lengkap. Kalau kurang, sebaiknya tidak usah dibeli, karena bisa merepotkan. Kalau tidak ada charger, sobat harus membelinya dahulu. Apalagi kalau tidak ada CD Driver/Installer, jika ingin menginstal ulang laptop, sobat tidak bisa menggunakan laptop dengan sempurna.

5. Perhatikan spesifikasi

Hal ini bisa dilihat, misalnya dari jenis prosesor yang dipakai, besaran memori (RAM),  hingga jenis kartu grafis (VGA). Jika sebuah laptop mencantumkan logo Intel Centrino, berarti didalamnya sudah terkandung komponen khusus yang yang memungkinkan laptop mengakses data secara nirkabel (tanpa kabel). Hal ini juga berlaku jika ingin membeli laptop refurbished atau laptop bekas. Perhatikan, apakah layarnya memiliki banyak titik piksel yang mati atau tidak. Semakin banyak titik tersebut, maka mutunya sudah menurun.

6. Minta garansi

Biasanya, laptop bekas ada garansi dari toko sekitar satu bulan. Jika ada masalah sampai dirumah dan masih dalam waktu garansi, sobat bisa mengembalikannya.

7. Lihat isi sistem

Apakah masih berjalan dengan bak atau banyak error. Kalau ternyata sistem operasinya bermasalah, instal ulang saja di toko bersangkutan.


Catatan:
  1. Disini admin hanya berbagi Tips saja dalam membeli laptop bekas, soal keputusan itu ada ditangan sobat..!
  2. Semoga tips diatas bermanfaat bagi sobat semua. Jika suka, silahkan share artikel ini..

Bagikan artikel ini

3 comments

  1. Nice Tips..

    mampir juga gan di >> Infostore lihat barang elektronik berkualitas.

    ReplyDelete
  2. Nice tips nya gan jadi gak ragu beli Laptop bekas, buat agan, kalo mau beli laptop terbaru 2015 disini lebih mantab http://www.pricearea.com/harga/komputer/laptop

    ReplyDelete
  3. terima kasih!!! Artikelnya sangat membantu.
    visit Back yo...:
    REVIEW LAPTOP GAMING TERBAIK DAN TERLENGKAP

    ReplyDelete