Definisi / Pengertian Internet, Extranet, dan Intranet


Internet, Extranet, dan Intranet - Sobat sekalian pasti sudah mengenal dengan internet, extranet ataupun juga intranet. Namun tak sedikit pula yang tidak tahu pengertiannya. Nah, hal tersebut akan admin bahas pada kesempatan kali ini, yaitu pengertian internet, extranet, dan internet lengkap dengan pengenalan nya.

1. Internet
     Internet singkatan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung, lebih jelasnya, pengertian internet adalah gabungan jaringan komputer diseluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global. Dengan kata lain internet adalah jaringan komputer atau network yang membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalui protocol TCP/IP yang jangkauannya sangat luas (internasional). Pengenalan nya, dalam sebuah internet kita dapat melakukan berbagai kegiatan seperti : blogging, chatting, Email, browsing, download, upload, bisnis online dan lain sebagainya.

Dampak Positif
  1. Internet sebagai media komunikasi
  2. Internet sebagai media pertukaran data
  3. Internet sebagai mesin untuk komunikasi
  4. Kemudahan memperoleh informasi
  5. Sumber informasi yang luas
  6. Kemudahan dalam berbisnis
  7. Sebagai sumber penghasilan


Dampak Negatif
  1. Pornografi
  2. Penipuan
  3. Carding (Pemalsuan kartu kredit)
  4. Terkena virus komputer



2. Extranet
     Extranet adalah Jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

     Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

Keuntungan
  1. Proses dan arus informasi lebih cepat
  2. Peningkatan dalam efektivitas berbisnis
  3. Mengurangi biaya komunikasi, transportasi maupun administrasi
  4. Mengurangi penggunaan kertas
  5. Akses draft dokumen serta presentasi multimedia untuk komentar ataupun persetujuan klien
  6. Melihat proyek-proyek yang lalu sebagai perbandingan
Kelemahan
  1. Biaya tinggi pada awal pengembangan
  2. Membutuhkan staf ahli untuk mengembangkan ekstranet
  3. Membuat kontrak selama beberapa waktu untuk perencanaan, pengembangan, review dan pelaksanaan
  4. Melakukan pemeliharaan teratur, upgrade, dan lain-lain
  5. Memerlukan sejumlah besar IS waktu dan energi, lebih dari apa yang diperlukan untuk mendapatkan intranet atau situs Web dan berjalan, yang mungkin menempatkannya di bagian bawah dari kelompok IS to-do list.
     Contoh penggunaan ekstranet adalah pada rakan kongsi perniagaan, karena penggunaannya membolehkan pertukaran maklumat dapat dilakukan dengan efisien. Sedangkan contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk ekstranet adalah Lotus Notes. 


3. Intranet
     Pengertian dari intranet dapat ditafsirkan sebagai bentuk privat dari internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi / perusahaan. Dengan kata lain, pengertian intranet adalah sebuah jaringan privat dengan sistem dan hierarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.

     Fungsi Intranet yaitu digunakan untuk membantu alat dan aplikasi, misalnya kolaborasi dalam kerja sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat manajemen hubungan dengan pelanggan, manajemen proyek dll, untuk memajukan produktivitas.

     Fungsi dari Intranet juga digunakan sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh, sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi forum intranet dapat menyebabkan ide-ide baru dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan isu-isu perusahaan lainnya.

Keuntungan
  1. Membantu meningkatkan produktivitas kerja
  2. Meningkatkan effisiensi waktu
  3. Komunikasi dapat dilakukan secara tepat
  4. Kemudahan sistem publikasi web
  5. Efektifitas biaya
  6. Keseragaman informasi
  7. Meningkatkan kerjasama


Kelemahan
  1. Perlu pelatihan utuk mendidik anggota
  2. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan internet
  3. Kemungkinan untuk mengirim hal yang kurang sopan
  4. Informasi yang salah akan segera beredar

Demikianlah informasi mengenai Internet, Extranet, dan Intranet yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat.


2 komentar

Tulis komentar
dindadesi
AUTHOR
10 Agustus 2015 13.47 hapus

Permisi Numpang Promo
Refiza Souvenir menyediakan berbagai macam souvenir tasbih cantik dan elegan untuk oleh-oleh haji dan umroh. cek katalog kami di www.refiza.com

Balas
avatar

KonversiKonversi EmoticonEmoticon